Bertawakal


Oleh: Hisyam Rusyda

Jika hati ini masih bergetar setiap disebut nama Allah tak perlu ragu akan nasib masa depan. Ketika setiap dibacakan ayat-ayat-Nya, semakin teguh imannya maka tak perlu kuatir akan rizkiNya.

Ingatlah! kunci rizki Allah hanyalah tawakal kepadaNya. Tengoklah, bagaimana burung yang terbang di pagi hari dengan perut kosong dan kembali ke sarang dengan perut kenyang. 

Jika Allah menjamin semua rizki mahluk Nya, mengapa kita masih takut miskin dan menggadaikan harga diri kepada mahluk hanya untuk mendapatkan harta dan kekuasaan yang sifatnya sementara?. Bukankah siapa saja yang bertawakal (berserah diri) kepada Allah, maka cukup baginya?. Cukuplah Allah, Dzat Yang Menjadi tempat menyerahkan segalanya (Al Wakiil).

Hanya Allah yang mempunyai ilmu dan kemampuan yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan manusia,  yang mempunyai kasih, perhatian dan rasa sayang yang sempurna kepada manusia. Tidak ada lagi kekuatan lain melebihi kekuatan-Nya dan yang bisa menandingi ilmu-Nya. 

Tiada daya dan kekuatan apapun kecuali daya dan kekuatan Allah. 

Ya Allah, jadikanlah tawakal kami secara sempurna sehingga rela atas apa yang diputuskan oleh-Mu. Ya Allah, gantikan rasa kuatir ini dengan kebulatan tekad bertawakal, jadikan pengorbanan dan rasa sakit karena mengikuti syariat-Mu menjadi kebahagian dan ketenteraman di dunia dan akhirat.

Wahai Rabb, anugerahkan kepada setiap mukmin kecukupan dalam setiap urusan karena bertawakal kepada-Mu sebagaimana janji-Mu “Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, maka Allah pasti mencukupinya”. 

Ya Allah, sirnakan keraguan akan kepastian rizki-Mu dan gantilah menjadi keyakinan sebagaimana keyakinan kami akan terbit dan tenggelamnya matahari. Sirnakan dari kami rasa takut miskin, cinta harta (dunia) hingga menghilangkan akal sehat kami. Ya Allah, menangkanlah kami dari godaan setan yang terkutuk yang menawarkan kesenangan dunia semata hingga kami lupa akan aturan halal haram-Mu.

Kami berlindung kepada-Mu dari setiap keraguan akan kepastian rizki Mu. Hanya kepada Allah kami bertawakal dan jadikan rizki kami dari cara yang halal sebagaimana firman-Mu:

“Makanlah apa saja yang telah Kami berikan kepada kalian yang baik-baik (halal).” (QS. Al-Baqarah:57)

 

Sumber: http://mastw.blogspot.com/2014/05/bertawakal.html

Advertisements
  1. #1 by Istanamurah on November 17, 2014 - 7:50 am

    Kami berlindung kepada-Mu dari setiap keraguan akan kepastian rizki Mu. Hanya kepada Allah kami bertawakal dan jadikan rizki kami dari cara yang halal sebagaimana firman-Mu:

    “Makanlah apa saja yang telah Kami berikan kepada kalian yang baik-baik (halal)”.. aminnn..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: