Saat Khalifah terakhir diusir dari Konstantinopel


Assalamualaikum Wr Wb.
Ada hal yang menarik mengenai lokasi makam Khalifah kita yang terakhir.
Seperti kita ketahui bahwa Khalifah dari Bani Utsmaniyah (Ottoman) mulai dari Khalifah Salim I hingga Khalifah Muhammad V semuanya dimakamkan di Konstantinopel. Sedangkan makam dua orang Khalifah yang terakhir (Khalifah Muhammad VI dan Khalifah Abdul Majid II) berada di tempat lain.
Saat Kesultanan Ottoman dihapuskan pada tahun 1922 (terutama oleh Kemal Attaturk, gerakan Turki Muda, dan Inggris), Khalifah Muhammad VI meninggalkan Konstantinopel tanpa membawa barang2 berharga. Beliau hidup di pengasingan (negara Italia) selama 3 tahun hingga wafatnya. Untuk menyambung hidup di pengasingan, beliau terpaksa berhutang (Ingat: beliau tidak membawa banyak harta untuk bertahan hidup). Saat beliau meninggal (dalam kesedihan), ternyata harta yang beliau miliki tidak cukup untuk melunasi hutang2 tersebut. Akhirnya beberapa orang Eropa yang memiliki piutang menyita jenazah beliau hingga ahli warisnya membayarkan hutang2 beliau. Ahli warisnya-pun tidak sanggup melunasi hutang2 tersebut, mengingat bahwa Kesultanan Ottoman sudah jatuh, dan saat itu Khilafah juga sudah dihapuskan (Khalifah Abdul Majid II juga sudah diusir). Akhirnya salah seorang pembesar dari Damascus (Syria) merasa tersentuh hatinya: “bagaimana mungkin seorang Khalifah Islam meninggal dunia tanpa ada yang mau merawat jenazahnya?” Pembesar itu akhirnya melunasi hutang2 almarhum Khalifah Muhammad VI dan membawa jenazahnya ke Damascus. Selama hidup dalam pengasingan, Khalifah Muhammad VI pernah memiliki keinginan untuk dimakamkan di dekat Makam Shalahuddin Al Ayubi di Damascus. Nah, pembesar itu hendak melaksanakan keinginan almarhum Khalifah Muhammad VI. Tetapi sayang, ternyata disekitar makam Shalahuddin Al Ayubi sudah penuh dengan makam orang lain. Akhirnya almarhum Khalifah Muhammad VI dimakamkan agak jauh dari makam Shalahuddin Al Ayubi tetapi masih dalam satu kompleks makam.
Bagaimana dengan makam Khalifah Abdul Majid II?
Khalifah Abdul Majid II adalah khalifah kita yang terakhir.
Pada tahun 1922, saat Kesultanan Ottoman dibubarkan, dan Khalifah Muhammad VI diusir dari Konstantinopel, Kemal Attaturk dan Inggris belum berani membubarkan Khilafah Islamiyah. Akhirnya Parlemen Turki mengangkat sepupu Khalifah Muhammad VI sebagai khalifah yang baru yaitu Khalifah Abdul Majid II. Tetapi Khalifah yang baru ini tidak memiliki jabatan “Sultan”, sehingga beliau hanya mengurusi masalah2 keagamaan saja, tanpa masalah politik. Khalifah Abdul Majid II menjabat selama 2 tahun. Pada tanggal 4 Maret 1924 dini hari Khalifah Abdul Majid II diusir dari Konstantinopel dibawah todongan senjata. Beliau diusir menggunakan kereta api dan hanya membawa koper berisi pakaian dan sejumlah uang “pesangon”. Tanggal 4 Maret 1924…….inilah hari yang paling memilukan dalam sejarah Islam. Pada tanggal itu Khilafah Islamiyah yang telah berdiri sejak masa Khulafa-ur Rasyidin resmi dihapuskan oleh Kemal Attaturk (semoga Iblis ini merana di neraka, aaamiiin). Sejak saat itu, umat Islam sudah tidak memiliki Khalifah lagi. Tidak ada lagi tentara Islam yang sanggup melindungi umat Islam yang teraniaya. Tak ada lagi tentara pelindung bagi Palestina, Irak, Afganistan, Rohingya, Mindanao, Chechnya, dll. Khalifah Abdul Majid II hidup di Perancis hingga masa perang dunia II, dan beliau wafat di sana. Beliau akhirnya dimakamkan di Kota Madinah, tepatnya di pemakaman Baqi.
Tetntu kita ingat bahwa tiga orang Khilafah Islam yang pertama, yaitu Abu Bakar As Shidiq, Umar bin Khattab, dan Utsman bin Affan semuanya dimakamkan di Madinah (ibukota Khilafah Islamiyah yang pertama). Sedangkan Khalifah Ali bin Abi Thalib dimakamkan di Kufah (ibukota Khilafah Islamiyah yang kedua). Abu Bakar As-Shidiq dan Umar bin Khattab dimakamkan di samping makam Nabi Muhammad SAW, yang sekarang menjadi bagian dari Masjid Nabawi (setelah masjid ini diperluas). Sedangkan Utsman bin Affan dimakamkan di pemakaman Baqi. Satu hal yang unik bahwa Khalifah Islam yang pertama (Khalifah Abu Bakar As Shidiq) dan Khalifah Islam yang terakhir (Khalifah Abdul Majid II), keduanya dimakamkan di kota yang sama yaitu Madinah. Dan makam Khalifah Abdul Majid II terletak satu kompleks dengan makam Khalifah Utsman bin Affan, yaitu di pemakaman Baqi. Tentu kita ingat bahwa Madinah adalah kota tempat Rasulullah mendirikan negara Islam dan menjadi ibukota Khilafah Islamiyah hingga Khalifah Utsman bin Affan wafat, dan kemudian Khalifah Ali bin Abi Thalib memindahkan ibukota Khilafah Islamiyah ke kota Kufah. Di Madinah ini pulalah keempat orang Khulafa-ur Rasyidin dibaiat; mereka adalah Khalifah Abu Bakar As Shidiq, Khalifah Umar bin Khattab, Khalifah Utsman bin Affan, dan Khalifah Ali bin Abi Thalib.
Khilafah Islamiyah yang mengikuti manhaj kenabian (mengikuti model yang sama dengan Kulafa-ur Rasyidin) akan hadir dalam waktu yang dekat, Insya Allah.
Wassalamualaikum Wr Wb.

Budi.

Advertisements

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: