Ada Program Mata-mata dalam iPhone dan iPad


Ada Program Mata-mata dalam iPhone dan iPad. Washington (ANTARA News) – Sepasang peneliti keamanan jaringan dari Inggris mengatakan bahwa versi terbaru sistem operasi buatan Apple untuk iPhone dan iPad terus menerus merekam lokasi perangkat-perangkat itu berada dan menyimpan informasi itu dalamfile tersembunyi.

AFP melaporkan, kedua peneliti itu –Alasdair Allan dan Pete Warden– mengatakan fitur position-logging (pembukuan posisi) ada dalam iOS 4, sistem operasi buatan Apple yang diluncurkan Juni tahun lalu.

“Sejak iOS 4 hadir, perangkat-perangkat (gadget) milik Anda terus menyimpan daftar panjang lokasi dan waktu tertera,” tulis mereka dalam sebuah artikel yang dipublikasikan pada laman radar.oreilly.com

“Kami tak tahu pasti mengapa Apple mengumpulkan data-data ini, tapi jelas itu punya tujuan,” kata kedua peneliti seraya menambahkan bahwa keadaan itu meningkatkan sejumlah dampak terhadap keamanan dan kerahasiaan menggunakan ‘gadget.’

“Dengan secara pasif masuk ke lokasi Anda tanpa ada persetujuan dari Anda, maka Apple telah membuat siapapun, dari pasangan yang cemburu sampai penyelidik swasta, untuk mendapatkan rincian gambar mengenai pergerakan Anda,” kata mereka.

“Apa yang membuat persoalan ini semakin pelik adalah berkas Anda tersebut bisa diotak-atik dan tak terlindungi, dan itu terdapa pada perangkat apapun yang memiliki sinkronisasi dengan perangkat Anda yang dihidupi iOS,” kata mereka. “Itu juga bisa dengan mudah diakses dari perangkat itu sendiri jika perangkat itu jatuh ketangan yang salah.”

“Setiap oranng yang memiliki akses kepada berkas (file) ini akan mengetahui dimana pun Anda berada selama tahun lalu, sejak iOS 4 dilansir,” kata mereka lagi.

Allan dan Warden mengumumkan temuan mereka pada konferendi ‘Where 2.0’ di San Fransisco.  Penemuan mereka ini pertama kali dipublikasikan oleh koran Guardian.

Allan dan Warden mengatakan mereka telah menghubungi tim keamanan produk Apple mengenai temuan mereka, tetapi mereka tak menggubrisnya.

Mereka mengatakan perangkat itu menyimpan kordinat garis lintang dan bujur beserta waktu yang tertera, dan kemungkinan besar melalui triangulasi menara selular.

Mereka mencatat bahwa perusahaan-perusahaan pembuat telepon selular memiliki akses terhadap data ini tetapi

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: