Dua Hal yang Menjadikan SBY Mengungkit Monarki Yogya


Repotnya memiliki penguasa yang mengadopsi politik pencitraan, apapun kebijakannya haruslah berasal atas nama survey. Selama hasil survey menguntungkan untuk penerapan demokrasi liberal sebagai penopang kapitalisme haruslah segera dilaksanakan meski banyak penolakan. Mungkin seperti itu mindset penguaa bangsa ini?

eramuslim.com–Pernyataan Presiden SBY soal monarki Yogyakarta pada rapat kabinet tanggal 26 November lalu yang menyulut kemarahan rakyat Yogya, kemungkinan dilatarbelakangi dua motif politik SBY.

Dua motif itu disampaikan Wakil Ketua DPD RI, Laode Ida, kepada wartawan. Menurutnya, ada kemungkinan SBY mengeluarkan pernyataan itu karena ingin menggantikan posisi Gubernur DIY yang sekarang dijabat Sri Sultan Hamengkubuwono X kepada adik Sri Sultan yang bernama GBPH Prabukusumo.

Prabukusumo, walaupun sebagai adik Sri Sultan, tapi mempunyai afiliasi politik yang berbeda dengan kakaknya. Saat ini, Prabukusumo menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat propinsi Yogyakarta.

Perbedaan afiliasi politik di kalangan internal keraton itu, menurut Laode, bahkan menjurus ke arah perpecahan antar sesama keluarga.

Motif kedua, masih menurut Laode, adalah hasil survei Lembaga Survei Indonesia atau LSI tentang pemilihan Gubernur Yogyakarta.

Baru-baru ini, LSI melakukan survei tentang seperti apakah keinginan rakyat Yogyakarta dalam memilih gubernur mereka.

Hasil survei itu menunjukkan bahwa 71 persen rakyat Yogya menghendaki gubernur DIY dipilih secara langsung. Sementara, hanya 17 persen saja yang menghendaki gubernur dipilih secara penunjukkan seperti yang sekarang ini berlangsung. Tetapi, sekarang SBY sudah menuai getahnya akibat pernyataannya itu. Mnh/inila

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: