Pemerintah Meminta MK Tolak Uji Materi UU Penistaan Agama


Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) diminta menolak permohonan uji materi (judicial review) yang diajukan sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan individu Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1965 tentang Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama. Apabila permohonan ini dikabulkan, dikhawatirkan bakal mengganggu ketentraman dan kerukunan.

Permintaan tersebut disampaikan oleh pihak pemerintah yang diwakili Menteri Agama Suryadharma Ali dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Patrialis Akbar serta anggota Komisi III DPR Hariman Harahap dalam sidang uji materi di MK, Jakarta, Kamis (4/2). Agenda sidang memang untuk mendengarkan keterangan saksi dari pemerintah dan wakil rakyat.

Reporter Metro TV Gadiza Fauzi melaporkan, baik wakil pemerintah maupun DPR mengatakan pemohon tidak memiliki kedudukan hukum (legal standing) sebagai pengaju uji materi. Uji materi diajukan Imparsial, Elsam, PBHI, Demos, Perkumpulan Masyarakat Setara, Yayasan Desantara, PBHI, Abdurrahman Wahid, Musdah Mulia, M Dawam Rahardjo dan Maman Imanul Haq.

Patrialis Akbar menegaskan, MK harus menolak permohonan pemohon. Sebab, undang-undang ini tidak betentangan dengan UUD 45 tentang kebebasan beragama. Patrialis meminta jangan melihat undang-undang secara sepotong-potong. Patrialis amat khawatir, apabila uji materi dikabulkan akan mengganggu ketentraman. “Kerukunan beragama yang baik akan berantakan dan kita menjadi tidak aman,” kata Patrialis Akbar.

Sidang diwarnai unjuk rasa. Unjuk rasa, antara lain, dilakukan oleh massa Forum Umat Islam Indonesia (FUI). Sejak pagi FUI sudah datang ke MK. Mereka sependapat dengan sikap pemerintah dan DPR. Massa mengancam, jika MK mengabulkan pemohon uji materi mereka akan men-sweeping para penganut agama atau kepercayaan baru.

Sidang mendapatkan pengamanan cukup ketat dari aparat. Sekitar 450 aparat kepolisiain gabungan, baik dari Polda Metro Jaya maupun Polres Jakarta Pusat dikerahkan ke lokasi sidang. Lalu-lintas sempat macet karena sebagian demonstran menggunakan jalan di depan Kantor MK. Tidak ada pengalihan lalu-lintas akibat demonstrasi ini.(DOR)

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: