Tiga Korban Tewas Kecelakaan Lalin Tiap Hari


JAKARTA–Jumlah kematian akibat kecelakaan di wilayah operasi Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mencapai rata-rata 3-4 orang per hari. Seringkali terjadinya pelanggaran lalu lintas, dan membludaknya pengguna sepeda motor ditengarai jadi sebabnya.

Dicatatkan oleh Direktorat Lantas Polda Metro Jaya, sebanyak 642 kematian akibat kecelakaan lalulintas sudah terjadi sepanjang Januari sampai Juli 2009 ini. Sejumlah kecelakaan tersebut terjadi di lima wilayah DKI Jakarta, Kabupaten dan Kota Tangerang, Bekasi, dan Depok. Paling banyak kecelakaan terjadi di Kabupaten Tangerang dengan jumlah 111 orang meninggal.

Demikian, kata Direktur Ditlantas Polda Metro Jaya, Kombes Condro Kirono, tiap hari rata-rata 3 sampai 4 orang meninggal akibat kecelakaan lalulintas saja. Sebagaian besar menurutnya terjadi pada kendaraan roda dua dan angkutan umum. “Terlalu banyaknya pengguna kendaraan roda dua dan kurang tertibnya pengemudi angkutan umum memang jadi salah satu sebab benyaknya jumlah kecelakaan ini,” kata Condro Kirono kepada wartawan, Jumat (7/8) dalam acara Rapat Kordinasi Operasi Zebra Jaya di Markas Ditlantas Polda Metro Jaya.

Fakta itu, kata Condro, membuat pihak Ditlantas Polda Metro Jaya dan instansi terkait perlu melakukan upaya peningkatan kesadaran untuk tertib lalulintas. Salah satu bentuk dari upaya tersebut kata Condro adalah dengan melaksanakan Operasi Zebra Jaya mulai tanggal 10 sampai 19 Agustur pekan depan.

Dalam operasi tersebut, tidak tanggung-tanggung, sebanyak 3.206 personel dari jajaran Lantas Polda Metro Jaya akan diturunkan. Dana sekitar Rp 1,1 miliar juga digelontorkan untuk melaksanakan operasi ini.

Target utama operasi adalah angkutan umum dan kendaraan roda dua. Untuk Angkutan umum, 40 titik lokasi yang biasa digunakan untuk ngetem angkutan umum akan ditertibkan. Sementara 19 titik yang biasa digunakan sebagai pos mangkal kendaraan umum plat hitam juga akan dirazia selama sembilan hari itu.

Untuk sepeda motor, dicatatkan ada sebanyak 20 titik lokasi yang rawan pelanggaran yang akan dirazia. Jenis pelanggaran biasanya berupa tak diindahkannya lampu lalulintas, juga pengendara yang tak menggunakan helm dan melawan arus. Sebanyak 67 titik kemacetan juga akan diawasi dalam operasi ini.

Lintas Departemen

Berbeda dengan operasi-operasi sebelumnya, berbagai instansi seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, jawatan Jalan Tol, dan Departemen Pekerjaan Umum akan dilibatkan. Penindakan pelanggaran juga akan dilakukan tak hanya oleh pihak kepolisian, namun juga oleh Dishub, dan Satpol PP, dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI. “Dengan begitu, kami harapkan efek jera yang ditimbulkan operasi ini akan semakin efektif,” tambah Condro.

Sementara, terkait tingginya tingkat kecelakaan, Deputi Transportasi, Industri, dan Perdagangan Gubernur DKI Jakarta, Susanto Husodo, mengiyakan kalau jumlah sepeda motor yang semakin banyak jadi sebab. Susanto yang juga pakar transportasi dari Universitas Indonesia (UI) ini melihat perlunya pengaturan yang lebih tegas terhadap pengguna sepeda motor di Jakarta dan sekitarnya.

Namun, yang lebih penting kata dia adalah optimalisasi moda transportasi masal. pasalnya, pembatasan penggunaan sepeda motor menurutnya belum bisa dilakukan karena biaya operasionalnya saat ini masih jauh lebih murah dari transportasi umum. “Maka dari itu kami dari Pemprov DKI Jakarta sedang menggagas pelaksanaan transportasi umum yang lebih baik seperti pengaturan ulang trayek angkutan umum, dan pengerjaan Mass Rapid Transportation (MRT),” ujar Susanto.

Ia juga mengatakan pihak Pemprov DKI akan mendukung sepenuhnya operasi penertiban lalulintas yang dicanangkan Ditlantas Polda Metro Jaya. (c82/rin)

http://www.republika.co.id

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: