Kaum Muslim Ukraina Perkenalkan Liburan yang Baik Bagi Generasi Muda Mereka


Monday, 15 December 2008 21:58

Syabab.Com – Pada hari Sabtu, 13/12/08, di daerah Viline Bahchisarayskogo, komunitas lokal bersama dengan komunitas Muslim setempat mengadakan festival yang disebut dengan Kurban Bajram. Sekitar 250 orang menghadiri acara tersebut. Seperti biasa, tampak bendera liwa dan raya, benderanya kaum Muslim yang bertuliskan laa ilaaha ilallah muhammad rasulullah berkibar di area festival itu, menyimbolkan kerinduan mereka pada persatuan umat di dunia ini.
Selepas pembukaan dengan pembacaan al-Quran, seorang pelajar membacakan sajak. Kemudian “Ilham” yang secara khusus telah diundang oleh penyelenggara memperlihatkan beberapa pertunjukkan. Para tamu yang datang disiapkan hidangan makan siang.

Saat ini, ketika kaum Muslim datang di bawah pengaruh budaya asing, seringkali memberikan perhatian besar untuk merayakan liburan yang salah. Di benak anak-anak kita tidak terbangun pemahaman yang benar terkait libur nasional. Maka mereka percaya pada tahun baru, hari Valentine, dll. Sementara kaum Muslim memiliki perayaan sendiri, seperti hari Idul Fitri dan Idul Qurban. Sudah semestinya, di hari itu memberikan penghormatan kepada orang tua dan berziarah. Namun apa yang terjadi, kaum Muslim malah sebaliknya, merayakan hari yang sebenarnya bukan hari raya mereka,

Kaum Muslim hanya mengenal dua hari raya tersebut, dan anak-anak generasi muda kita harus menanggung kerugian pada mereka, karena mereka adalah masa depan umat ini. Bagaimana kita mendidik mereka, memahamkan Islam dalam benak mereka hingga menjadi sosok muslim yang sebenarnya.

Jenis liburan ini, bukan hanya tradisi, melainkan juga kegembiraan. Menurut penyelenggara, kegiatan itu telah mencapai tujuan. Beberapa waktu lalu, komunitas Muslim Ukraina juga menggelar festival dalam rangka mengisi liburan Idul Fitri. Beberapa kegiatan bermanfaat digelar, tak sedikit kaum Muslim di sana menjadikan momen itu untuk berbagi dalam ikatan akidah Islamiyyah.

Para tamu yang hadir dari kalangan muda mengikuti program yang baik yang disediakan panita. Mulai dari kuis dan permainan yang bermanfaat. Mereka juga tidak dibiarkan begitu saja, ada reward yang diberikan.

Menurut pihak penyelenggara, harapan bahwa acara tersebut akan berlangsung setiap tahun. Tidak hanya di satu tempat, melainkan di semua tempat kaum Muslim di wilayah Ukraina.

Subhaanalah, demikianlah perhatian kaum Muslim Ukraina terhadap generasi mereka. Segala upaya mereka lakukan untuk menyelamatkan generasi masa depan dengan mengenalkan Islam dalam benak mereka termasuk dalam berhari raya.

Bagaimana dengan kaum Muslim di negeri ini? Semestinya, kaum Muslim di negeri ini malu dengan mereka. Walaupun di Barat, betapa upaya mereka menyelamatkan generasi dengan Islam patut dicontoh. Sementatra di sini, budaya barat, terus menerus dipaksakan, malah diterima bulat-bulat. Bahkan di bulan Desember ini, pakaian ala Natal dipajang. Mulai dari acara televisi hingga ke supermarket, perayaan selain Islam ikut disemarakkan. Bahkan, demi kepentingan kapitalis, para pemuda Muslim malah ikut-ikutan memakai pakaian ala mereka. [z/qv/syabab.com]

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: