Dosen Cabul Nodai Almamater Kampus UI


ImageKasus asusila kembali menodai almamater pendidikan di negeri ini. Kali ini, seorang dosen yang bergelar doktor tega melakukan perbuatan cabul terhadap mahasiswi bimbingan skripsinya. Pihak UI sendiri mengaku telah menonaktifkan dosen berinisial N yang menodai almamater kampus tertua di Indonesia ini.

“N tidak boleh mengajar dan berhubungan dengan mahasiswa sampai ada keputusan pengadilan,” kata Sekretaris FH UI Dr Kurnia Toha pada jumpa pers di Gedung Fakultas Hukum UI, Depok, Kamis (30/10). Menurut Kurnia, N dinonaktifkan karena dilaporkan ke polisi oleh mantan mahasiswi bimbingannya.

Kini pihak rektorat telah membentuk tim investigasi untuk menelusuri kebenaran dari dugaan kasus pelecehan seksual ini. Diduga, korban perlakuan bejat dosen N ini lebih dari 10 mahasiswa.

Secara terpisah, dosen FISIP UI, Nur Iman Subono menyatakan pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang dosen pada mahasiswanya mungkin terjadi karena tak ada aturan yang ketat mengenai hubungan keduanya. “Code of conduct yang dibuat memang tidak mengatur masalah itu. Saya tidak tahu apa alasannya masalah ini tidak diatur,” kata dosen FISIP UI, Nur Iman Subono.

Menurutnya, banyak pihak yang beranggapan pelecehan seksual tidak mungkin dilakukan di dunia akademik. Tindakan itu dinilai hanya dilakukan oleh kalangan menengah ke bawah. Padahal, dosen tetap merupakan manusia biasa yang mungkin dapat menyalahgunakan kekuasaan.

“Dosen itu memiliki kekuasaan penuh terhadap mahasiswa seperti nilai dan celakanya banyak yang percaya mereka tidak mungkin melakukan hal buruk seperti itu,” keluh pria yang dipanggil Boni ini.

Dirinya menduga praktik serupa mungkin terjadi di fakultas lain. Terlebih, banyak korban yang enggan membuka masalah ini karena dianggap sebagai aib. “Kebanyakan korban lebih memilih untuk bungkam karena bukti materil sulit dan bisa dituduh balik,” pungkasnya. [ihsan/dari berbagai sumber/www.suara-islam.com]

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: