Kerugian Krisis Kredit ‘Bisa Dua Kali Lipat’


HTI-Press. Bank Sentral Inggris memperkirakan kerugian bagi bank-bank dan investor di seluruh dunia akibat krisis keuangan saat ini mungkin bisa mencapai 2,8 triliun dollar, dua kali lipat dari perkiraan sebelumnya.

Bank Sentral Inggris memperingatkan, masih ada resiko-resiko besar dalam sistim keuangan global, walaupun sudah ada upaya dari banyak pemerintah untuk memperkuat sistim perbankan negara-negara mereka.

Bank Sentral Inggris menyatakan, peraturan internasional baru diperlukan untuk memastikan bahwa saat mengalami periode pertumbuhan ekonomi kuat, bank-bank menyimpan sebagian uang untuk digunakan ketika ekonomi memburuk.

Sementara itu, bank sentral Islandia menaikkan suku bunga 6 persen menjadi 18 persen dalam upaya yang tampaknya dilakukan untuk menarik investor, mendukung mata uang negara itu dan membantu bank-bank bertahan.

Perdana Menteri Islandia, Geir Haarde, telah meminta bantuan pinjaman kepada Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Amerika.

Dia juga mengatakan sistim perbankan negara itu membutuhkan sekitar 4 miliar dolar lagi selain bantuan 2 miliar dolar yang dijanjikan oleh IMF minggu lalu.

Sementara itu, indeks harga saham-saham di bursa utama di kawasan Asia Timur kembali naik setelah mengalami penurunan besar dalam beberapa sesi terakhir.

Indeks Nikkei di Tokyo ditutup naik lebih dari 6 persen, setelah kemarin berada di posisi terendah dalam 26 tahun terakhir.

Saham-saham di Hong Kong melonjak tinggi lebih dari 14 persen. Pasar-pasar saham Eropa dibuka naik, namun turun tidak lama setelah itu.

BBC Indonesia, 28/10/08

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: