UNHCR: Makin Banyak Orang Miskin di Dunia


Hidayatullah.com–Menurut pejabat tinggi pengungsi PBB, Selasa (7/10), “Tantangan itu berasal mulai dari perubahan iklim dan kesenjangan ekonomi hingga peningkatan persaingan dalam bidang sumber daya,” kata Antonio Guterres, Komisaris Tinggi PBB Urusan Pengunsi (UNHCR).

Situasi tersebut bertambah rumit oleh guncangan pasar keuangan di seluruh dunia, bertambah-buruknya kondisi ekonomi global dan gangguan pembangunan di kancah politik, kata Guterres pada suatu pertemuan di Jenewa.

Menurut pejabat itu, perubahan iklim, kemiskinan parah dan konflik makin berkaitan erat. Akibatnya ialah pengungsian paksa meningkat, yang disertai oleh tuntutannya pada badan pengunsi PBB tersebut.

Pada penghujung 2007, terdapat 11,4 juta pengungsi, dan jumlah itu bertambah.

Jumlah orang yang menjadi pengunsi di dalam negerinya –mereka yang, tak seperti pengungsi, tidak menyeberangi perbatasan tapi kehilangan tempat tinggal dan tetap berada di dalam perbatasan negeri mereka sendiri– juga bertambah.

Dari sebanyak 26 juta orang yang menjadi pengungsi di dalam negeri mereka akibat konflik bersenjata, UNHCR sekarang menghadapi sebanyak 14 juta orang di 28 negara –lebih dua kali lipat jumlah orang yang harus ditanganinya pada 2005.

Guterres mengatakan UNHCR harus menerima dana yang memadai jika lembaga tersebut ingin dapat melaksanakan mandat perlindungannya.

Usul anggaran tahunan UNHCR yang telah diubah untuk 2009 ialah 1,275 miliar dolar AS, dengan proyeksi tambahan 535 juta dolar AS bagi program tambahan.

“Meskipun kami berbuat semaksimal mungkin untuk memperkecil biaya, anggaran kami tak memungkinkan kami untuk memenuhi kebutuhan global penerima bantuan kami,” kata Guterres.

“Dengan tingginya harga makanan dan energi, kesejahteraan mereka sangat terancam. Pada saat yang sama, kami diminta untuk berbuat lebih banyak lagi guna menanggapi tuntutan yang kian besar,” katanya. [ant/xinhua/www.hidayatullah.com]

  1. #1 by taUbat on October 11, 2008 - 12:37 pm

    DIDUNIA ANGKA KEMISKINAN MENINGKAT/BERTAMBAH LAIN HALNYA DENGAN DI INDONESIA ANGKA KEMISKINAN MENURUN/BERKURANG.
    TAPI KENAPA INDONESIA DENGAN PRESTASI INI TIDAK MENDAPATKAN AWARD SEHARUSNYA HAK ITU DITUNTUT.
    SUPAYA DUNIA BELAJAR KE INDONESIA, BAGAIMANA CARA MENGURANGI ANGKA KEMISKINAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: