Al Azhar Melarang Sinetron Hamzah


Lembaga kajian tertinggi di Al Azhar mengeluarkan fatwa larangan penayangan sinetron “Badr Al Kubra“ yang akan diputar selama Ramadhan

Hidayatullah.com–Majma’ Al Buhuts Al Islami, lembaga kajian tertinggi di Al Azhar mengeluarkan fatwa larangan penayangan sinetron “Badr Al Kubra“ di beberap televisi Mesir yang direncanakan akan diputar selama bulan Ramadhan mendatang.

Dr. Mahmud Asyur, anggota Al Majma’ menjelskan bahwa larangan “penampilan“ sahabat Hamzah, paman nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam karena hal itu bertentangan dengan keputusan Al Majma’ yang berisi tentang larangan “penampilan“ yang bisa merusak citra Khulafa Ar Rasyidin dan Ahli Bait, serta 10 orang yang dijamin masuk sorga.

Ia menilai rumah produksi pembuat film ini yang berpusat di Sudan meremehkan keputusan ini. Akan tetapi untuk segala tayangan yang bersifat keislaman tidak akan mendapat izin, kecuali dengan adanya persetujuan dari Al Azhar, karena undang-undang Mesir mengharuskan hal itu.

Disamping itu, sinetron ini juga belum mendapat izin dari pihak sensor film, walau lokasi syuting berada di Mesir, yakni di wilayah Abu Rawwash. Peringatan ini disampaikan kepada Abu Syadi, selaku produser film.

Film itu menceritakan tentang kehidupan Hamzah yang masih tergolong sebagai ahlul bait Rasulullah, yang diperankan oleh aktor Ahmad Mahir. Al Azhar melarang, jika “Hamzah“ ditayangkan secara terang-terangan.

Alasan Al Azhar, bahwa peranan itu adalah salah satu bentuk “ketidak beradaban“ terhadap ahlul bait, karena sang aktor sendiri tidak mungkin bisa menyamai amalan mereka, apalagi seringkali aktor melakukan hal-hal tidak terpuji, baik itu bersangkutan dengan keseharian atau ketika mereka menjalankan profesi.

Advertisements
  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: