Kronologi Bentrok Warga dan Mahasiswa Sekolah Theologi Injil Arastamar


suara-islam.com–Berikut ini kronologi bentrok warga Pinang Ranti dan Mahasiswa Sekolah Theologi Injil Arastamar seperti yang diceritakan oleh tokoh masyarakat Risman Hadi kepada Suara Islam, Ahad (27/7) kemarin.

Jum’at malam (25/7), diawali dari tertangkapnya mahasiswa yang berada di mess gang melinjo bernama Julius, dipergoki warga karena berusaha mencuri pompa air. Dari rumah warga dia diamankan ke rumah Ketua RW. Kemudian diserahkan ke petugas dan dibawa ke Polsek Pinangranti.

Tiba-tiba dari gang melinjo, ada warga melapor ke masjid kalau rumahnya dilempari oleh mahasiswa SETIA. Kemudian, warga ingin mengecek ke mess mahasiswa, ingin tahu alasan mengapa melempari rumah warga. “Ada maling dari pihak mereka, kok seolah-olah mereka nggak terima,” ujar Risman.

Pada saat ingin mengecek, ternyata warga sudah disambut dengan batu bata dan balok (di atas balok ada paku tajam). Ini seolah ada desain dimana ada pemicu awal. Kemungkinan maling itu sebagai pemicu.

Warga yang merasa terserang akhirnya mundur. Menunggu petugas datang. Begitu petugas datang, Massa yang ada ingin mengecek lagi kenapa mahasiswa melempari warga, tapi justru dari pihak mahasiswa lebih beringas akhirnya warga melayani. Terjadilah perang timpuk-timpukan. Walhasil warga yang kalah karena warga dari bawah, sementara mereka berada di tingkat 2 mess.

Hari Sabtu (26/7) pukul 1 pagi, massa dari warga kembali ke masjid. Kemudian dari arah bawah datang 6 orang berbaju hitam dan berkulit gelap, memancing kisruh kembali dan dikejar oleh warga. Bentrok kembali terjadi. Mereka mengaku dari polisi, tetapi saat diminta ditunjukkan KTA tidak mau. Hal itu membuat curiga warga, bahwa mereka itu provokator. Mereka pun dikejar oleh warga.

Keenam orang tak dikenal tersebut diduga bersembunyi di asrama mahasiswa putri.Dari dalam asrama, terdengar provokasi dengan kata-kata kasar, maka akhirnya warga spontanitas menyerang asrama. Penyerangan tersebut semata-mata akibat provokasi.

Sabtu siang kondisi aman seperti keseharian biasa. Namun malamnya, bentrok terjadi lagi. Sekitar 8 yang diduga preman dari pihak SETIA terlihat petantang-petenteng bolak-balik di depan Masjid, sedangkan di dalam Masjid ada pengajian. Salah satu dari mereka melempar masjid. Warga pun mengejar mereka.

Delapan orang tersebut masuk kembali ke dalam asrama putri. Ternyata di dalam asrama sudah ada sekitar seratusan orang. Melihat tersebut, warga agresif lagi ingin menangkap orang tersebut. Kemudian terjadi saling menyerang. Warga pada saat itu hanya membawa alat sekadarnya, seperti gagang sapu dan pentungan. Sementara pihak mahasiswa Kristen tampak lebih siap. Hal ini terbukti dengan adanya anak panah yang diarahkan pada warga.

Walhasil 15 orang warga terluka, 2 orang terkena panah (panah tersebut diduga berasal dari kupang). Panah tersebut berbau anyir, dan begitu luka keluar darah hitam. 3 orang petugas terkena batu yang kebanyakan terkena dari belakang. Karena posisi petugas dan warga berhadap-hadapan.

Pihak yayasan kemudian memohon pihak kepolisian mengevakuasi mahasiswa yang berada di sana. “Jadi, selesai bikin masalah, mereka minta evakuasi,” kata Risman. Dia pun sempat bersitegang dengan kepolisian, menuntut preman yang berada di dalam asrama mahasiswi tersebut untuk ditangkap.

Bentrok masih terjadi. Akhirnya polisi mengeluarkan gas airmata. Evakuasi dilakukan, dan diduga ada sekitar 100 orang di dalam karena petugas membawa mereka dengan menggunakan 3 truk.

Pantauan Suara Islam langsung dari lapangan di hari Ahad (27/7) siang, kondisi kembali tegang setelah tertangkapnya 2 pemuda berkulit hitam oleh warga. Mereka berusaha masuk ke dalam kampus SETIA. Sementara itu, beredar isu akan datang preman Ambon dan Tanah Abang yang sengaja dipanggil oleh pihak yayasan untuk mengamankan kampus.

Sorenya, Walikota bersama jajaran aparat setempat menggelar rapat. Hasilnya, Walikota berjanji akan mengevaluasi keberadaan kampus SETIA dan jika dimunginkan akan direlokasi dari Pinangranti. Malamnya, pihak kepolisian mengevakuasi sekitar 1300 mahasiswa dari dalam kampus SETIA.

  1. #1 by zenith on July 28, 2008 - 2:30 pm

    pasti tiap pihak menganggap diri benar, yg harus dibasmi itu para provokator. Mungkin kedua pihak gak bersalah.

  2. #2 by Tabir on July 29, 2008 - 1:37 am

    Kekerasan bukanlah yang dianjurkan oleh Injil (setahu saya). Jadi kalau ada (kalau ada) kekerasan yang dilakukan oleh kelompok yang mengaku penganut Injil, mereka itu sebenarnya bukan penganut Injil. Seperti juga yang terjadi di Irak, Bush itu bukan penganut Injil, walau dia mungkin ke gereja.
    Serahkan saja perkara ini kepada pihak yang berwenang. Setuju sekali kalau kita hindari provokator. Jangan pula blog ini memprovokasi konflik penganut Islam dan penganut Kristen.

  3. #3 by ali on July 29, 2008 - 9:56 am

    Seperti itulah wajah asli para pengikut injil…
    Hipokrit, selalu mengandalkan kata kasih dan sayang, tampar pipi kiri pkasih pipi kanan, toh sama aja norak!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  4. #4 by Tongkat Ali on July 29, 2008 - 1:45 pm

    Siapa yang norak, siapa yang provokator, siapa yang ingin jadi muslim sejati, kelihatan kok dari ekspresinya. Kan ada “malaikat yang mencatat”

  5. #5 by anton on July 30, 2008 - 10:16 am

    Hipokrit itu artinya apa sih? (standar ganda gitu?)
    Dalam alkitab disuruh untuk mengasihi musuh-mu dan jika tidak melaksanakan, maka berdosa. Bukan Hipokrit.
    Dalam sejarah awal Gereja, nama Islam tidak ada, jadi tidak ada alasan gereja/kristen khusus memusuhi islam. Yang terjadi adalah perbedaan keyakinan tentang Ketuhanan dan perbedaan keseluruhan ajarannya. Coba anda bandungkan, Islam berdiri dengan menyebut-nyebut Nasrani sebagai musuh.
    Dalam Alkitab tidak boleh membunuh-walaupun atas Nama Tuhan Yesus sekalipun. Jika orang kristen membunuh orang laen (baik sesama kristen, islam, budha, hindu, atheis sekalipun) hukum gereja tetap menyatakan BERDOSA ! jadi Bukan Hipokrit. Kalo ada orang kristen membunuh, ya di proses aja secara hukum Nasional, walaupun mungkin hukumannya juga hukuman mati. Catatan: walaupun juga Gereja menentang hukuman mati.
    Coba Anda bandingkan, dalam ajaran Islam, boleh membunuh kafir (kafir = semua non-islam) dan kalo anda Muslim berhasil membunuh non-islam pasti dijanjikan pahala bukan? dan Kalo mati dibunuh oleh kafir anda akan diberikan 72 bidadari di surga, betul? (ada dalam Al-quran). Saya tahu juga dari http://www.indonesia.faithfreedom.org. Adik saya aja yg muslim gak tahu, soalnya cuma bisa baca tapi gak ngerti artinya. Tapi saya bukan muslim, keluarga gw campur aduk. Trus juga adik saya sih jadinya muslim ktp aja.
    Saya bilang begini bukan untuk menyalahkan, tetapi marilah kita hidup ber-Agama juga menggunakan hati nurani. Hati nurani akan memurnikan keimanan.
    Kalo kita fanatik buta dalam ber-Agama(tanpa melihat hati nurani sedikitpun), yang terjadi adalah rasa dengki terus…Cape menyimpan rasa dengki terus.
    Lebih baik saya Atheist dari pada hidup penuh dengan kedengkian. Sumber kedengkian Anda-anda adalah warisan Iskhak dan Ismael.

  6. #6 by Tabir on August 1, 2008 - 1:42 am

    Membunuh memang diperbolehkan Quran, tapi ada syaratnya, di antaranya bagi kafir (bukan berarti penganut non Islam) pada JAMAN nabi2 ketika kafir2 tsb memerangi org2 beriman (kepada Allah). Jadi bukan yg dipertontonkan oleh yg dicap (dicap) sebagai “teroris”. Terus, tidak ada di quran bhw kalo ada org yg dibunuh kafir diberi imbalan 72 bidadari. Baca aja quran dgn santai, apa pernyataan itu (kalau mati di tangan kafir diberi imbalan 72 bidadari) benar atau kagak. Jaman IT mempermudah kita utk search hampir apa saja, termasuk soal “bidadari” di quran.
    Setuju soal hati nurani. Tapi gak mandeg di situ aja, bagi saya, seperti yg saya tiru dari org2 yg saya anggap OK dan tentu dari pemahaman saya soal quran: agar selalu mengasah indera ini sehingga dapat merasakan bahwa dunia ini (yg super kompleks) adalah bagian dari kerajaan Tuhan.

  7. #7 by dila on August 2, 2008 - 8:28 am

    duuuh..jangan ribut karena agama dong.aku jadi tambah sedih ngeliat manusia bentrok karena saling ngejelek2n.semua agama pasti ngajarinnya yang baik2..masalah mahasiswa setia menurut saya itu ulah oknum profokator aja.masa temennya maling terus diserahin ke polisi eh temen yang lain malah menyulut masalah ini sehingga besar..mending semuanya dikasih kepihak kepolisian aja.warga harus lebih ditingkatkan keamanannya.&untuk pihak setia seharusnya minta maaf aja ma warga.bukannya malah sewa preman tanah abang..kenapa sih kita ga berusaha untuk hidup damai berdampingan?? Udah cukup saudara kita berperang krn konflik agama..cukup afganistan,palestine,irak&ambon yg berkonflik..jangan kita..&jangan menyulut org untuk konflik krn agama..

  8. #8 by neorhazes on August 5, 2008 - 12:10 pm

    ooh.. ternyata SETIA nyang nyari ribut toh…

    keterlaluan sekali , udah pendatang, malah nyari ribut ama pemukim sekitar..

    YAHUDI banget, minoritas sok jagoan..

    bahkan yang seagama ama mereka pun nggak setuju kalo ada asrama SETIA dsono..

    bener2 calon teologian/pendeta yang ga diharepin masyarakat, justru dr perguruan kaya ginilah muncul pendeta2 evangelis ngawur sok jagoan, pedofil, poligamis, dll

  9. #9 by robbot on August 6, 2008 - 1:15 pm

    Udahlah gak usah saling menyalahkan yang penting bagaimana kedepannya kita bisa hidup damai tentaram sesuai dengan amanat UUD 45, kalo memang selalu berfikiran susperior terhadap salah satu agama maupun golongan tentulah tidak akan ada habisnya karena masing-masing akan mempertahankan argumennya dan apa yang menjadi keyakinannya. menyikapi tentang persoalan diatas biarkan semuanya pihak berwenang yang menyelesaikannya, kalo kita hanya mendengar kabar dari orang lain yang belum tentu kebenaranya bisa-bisa malah kita yang terprovokasi.

  10. #10 by bromocorah on August 7, 2008 - 2:58 am

    Setelah mahasiswa dievakuasi dilakukan penggeledahan kampus disaksikan oleh Kapolres Jaktim dan petugas lainnya. Di dalam kampus ditemukan ratusan senjata tajam antara lain kelewang, ribuan kelereng, tumpukan batu, ketapel, alat pelontar batu, panah..
    Pejabat2 negara sudah diberitahukan fakta ini.
    Initinya pihak kampus sudah mempersiapkan diri/merencanakan untuk tawuran dengan warga sekitar. Kp Pulo merupakan daerah padat penduduk. Kampus ini berisi sekitar 1.500 m’sa/si.
    Ini bukan agama. Karena ddidaerah pulo ada rumah yg suka diadakan kebaktian, dan itu tidak diganggu oleh penduduk. Intinya adanya kampus STIA Arastamar meresahkan warga.

  11. #11 by hanco on August 7, 2008 - 2:22 pm

    ANTON..injil isinya itu udah di campur adukkan ama perkataan manusia, jadi suda tidak murni FIRMAN TUHAN semua.. kami umat islam wajib percaya sama kitab2 yang diturunkan oleh ALLAH, Termasuk INJIL, tapi tidak yang beredar sekarang. Sekarang udah ada ALQURAN, ISINYA CUKUP UNIVERSAL.. percayalah.. apa yang ada diinjil ada di AL-QURAN, baca aja tafsiarannya, jangan takut melenceng, kamu ga akan jadi muslim kalo membacanya kecuali ALLAH SWT memberi hidayah kepada mu. jadi kalo kamu udah baca semua kamu ga akan dengarkan kutipan2 ALQURAN dari sekeliling mu yang terus memojokkan islam.
    aku kasih contoh yang REALITA terjadi sekarang ya.. kenapa ISLAM YANG TERUS DIJADIKAN SASARAN SETIAP ADA HUBUNGAN AMA TERORIS?? KENAPA GA KRISTEN SIH.. HINDU.. BUDHA… ATO YANG LAIN..
    BACA INJIL KAMU YANG SEKARANG PASTI DISANA ADA DISEBUTIN TENTANG YAHUDI… KALO KAMU GA TEMUIN BERARTI BENER2 DEH TU KITAB UDAH MODIS HABIS… YAHUDI SEKARANG UDAH DIPUNCAK KEPEMIMPINAN DUNIA, HANYA 1 YANG MENGGANJAL MEREKA.. AL-QURAN… MEREKA TIDAK MAMPU MERUBAHNYA, JADI MEREKA MEMUTUSKAN MENGHANCURKAN ORANGNYA(UMAT ISLAM) DAN MENJEBAK DENGAN MENGUTIP PATAHAN-PATAHAN AYAT SUCI ALQURAN.INGAT WTC YANG DI AMRIK ? BAGI YAHUDI, SELAIN KETURUNAN DIA ADALAH SAMA DERAJATNYA DENGAN BINATANG.. SIAPA YANG BANYAK MATI DI WTC? MUSLIM? BUKAN TUH.. YAHUDI? KAGAG ADA YANG MASUK KERJA DIHARI NAAS ITU…(KOK BISA YA?).. YANG MATI BANYAK KRISTIAN, TRUS YANG NGEBUNUH KATANYA ISLAM… JADI TON.. JANGAN PUSING DAN JANGAN JADI ATHEISE… YA.. TUHAN ITU ADA.. CUMA GIMANA CARA KAMU AJA MENCARINYA.. TUHAN DEKAT BILA KAMU DEKAT..

    kalo masaLAH SETIA ama WARGA disekitar itu merupakan imbalan dari yang mereka perbuat.. dan mestinya SETIA harus ramah ama masyarakat.. jangan hanya gara2 baru belajar sedikit ALKITAB udah melihat orang yang ga sepaham sebagai PENGIKUT SETAN… SEMOGA ALLAH MEMBERKAHI KITA SEMUA….

  12. #12 by Much Tohar on August 11, 2008 - 7:27 am

    Islam dan Kristen adalah bersaudara. Jika pertikaian, selalu yang menjadi alasan adalah agama, padahal kalau mau diteliti lebih jauh, Islam dan Kristen sendiri adalah korban dari provokasi. Kenapa kita sendiri mau diprovokasi? Karena kita tidak mau befikir lebih jauh. Dalam otak kita ini yang ada adalah emosi. Coba jika kita sendiri mau duduk bersama mencari solusi, tentu tidak ada pertikaian yang pada akhirnya menimbulkan kerugian.

  13. #13 by joyo on August 16, 2008 - 3:13 am

    berita dari orang sekitar kampus setia, masalah sebenarnya adalah penistaan agama,harusnya kampus itu dibubarkan aja, IMB-nya aja dipelencengkan,dan itu pasti yang terjadi dimanapun tempat.

  14. #14 by Mbah Wagijo on August 17, 2008 - 8:12 am

    Untung ada PKS, seperti namanya, pada partai ini ada harapan untuk KEADILAN dech…Kristen kek, Islam kek, Budha kek, kalau salah ya salah, kalau benar ya benar. Yang salah dihukum, titik. Gak peduli dia dilahirkan dimana, oleh orang tua yang beragama apa. Kalian mau omong apa, silakan aja.
    PKS, semoga partai ini membawa keadilan di negeri yang beragam macam ini. Kalau kalian gak setuju dengan saya ya tidak apa2. Kalau kalian cuma mau adu domba ini anak bangsa, sebentar lagi kalian rasakan azab dari Allah SWT, siapapun kalian, entah muslim entah kapir

  15. #15 by slemer Selone on October 9, 2008 - 1:59 am

    Kami yang melihat , merasakan , dan berinteraksi langsung dengan mahasiswa / i itu selama belasan tahun.Dari Angkatan pertama mereka yang jumlahnya gak mencapai 400 – an orang sampai sekarang mencapai lebih dari 1500 – an orang.
    Banyak sekali penyimpangan2 yang yang dilakukan baik pengurus,maupun mahasiswa / i itu sendiri.
    Kami sudah berusaha menutup mata dan bersabar atas kelakuan mereka.
    dan sampai komentar ini saya muat mereka masih berada dipengungsian tapi masih berusaha untuk kembali ke Kampung Kami…….
    Apa mereka pikir masyarakat mau menerimanya ??? Tidak.
    Seharusnya “DIMANA LANGIT DIPIJAK DISITULAH LANGIT DIJUNJUNG ” mungkin kalimat bijak ini harus selalu ditekankan kepada mahasiswa /i tersebut.
    Dan terima kasih kepada mahasiswa2 yang tidak ikut2an melempari dengan batu – batu maupun dengan katapel rumah2 warga sekitar(Ketika Peristiwa tersebut banyak teman2 kalian khususnya yang di asrama putra rt 02/rw04,asrama putra rt 04/ rw 04 ,Kampus Utama SETIA rt 01 / rw 05 dan Kampus Putri rt 05 / rw 05 melempari rumah2 kami sehingga banyak kerusakan yang ditimbulkan.

    Pemuda Kampung Pulo

  16. #16 by Siapa_Tuhan_kita on October 24, 2008 - 12:13 pm

    Kalau soal nafsu sih gak cuma dimiliki oleh suatu kelompok agama. Kalau yg mengijinkan poligami, barangkali bisa cuma milik agama tertentu.
    Yang menghakimi dunia boleh jadi Yesus, kalau Yesus berani mencabut nyawa ratusan ribu orang Aceh dengan tsunami, kalau Yesus berani membuat jutaan orang tak berdosa menderita kanker, HIV. Apakah ada catatan dalam sejarah kalau Yesus berani membunuh orang? Lantas yg mati dan menderita di dunia ini disebabkan semata-mata hanya oleh alam? Lalu alam itu tunduk pada siapa? Siapa yg berani membuat hukum bahwa melahirkan itu sakit dan berdarah-darah? Hanya satu yg berani berbuat semua hukum alam yg berdarah-darah itu, yakni Tuhan, yg memiliki perhitungan yg sempurna. Masalahnya, siapakah Tuhan kita?

  17. #17 by hadi on October 25, 2008 - 7:20 am

    kok jadi ngomongin agama..??

    sukanya masayok ini juga mempost berita2 yg sifatnya memprovokatori perbedaan pendapat antara muslim dengan kristen.

    sudahlah.. apa gunanya sih mas ayok? kalau sampean mau menegakkan khilafah ya silahkan. kalau sampean pikir rakyat mau mendukung ya silahkan. tetapi kenapa selalu post berita yang isinya kalau gak menjelek jelekkan barat ya tentang hal yang bisa bikin permusuhan antara golongan beragama.

    objektiflah dalam menilai..! negara mana yang mau sampean jadikan acuan dalam khilafah? jelaskan! konflik sunni-syiah? jelaskan! kalau sempat silahkan cari kisah tentang penulis bernama Farag Fouda,apa yang ditulisnya dan bagaimana kisah hidupnya..

    tunjukkan bahwa muslim bukan cuma bisa teriak “Allahu Akbar” sambil bawa bom, atau sambil demonstrasi gak jelas tujuannya, tunjukkan muslim yang kuat secara ekonomi, mandiri, mempunyai keluarga yang sakinah mawaddah.

    gak usah ngubek2 isi injil atau kitab suci agama lain, tunjukkan anda menghormati ajaran mereka. anda boleh tak meyakini ajaran mereka tapi hormatilah kebebasan beragama di negeri ini.. hormati apa yang mereka yakini sebagaimana anda juga ingin dihormati karena meyakini alquran.

    salam dari saya.

  18. #18 by Siapa_Tuhan_kita on October 25, 2008 - 9:35 am

    Yah, saya juga tidak membela idenya masayok, malah hampir lebih dari 80 % ide masayok tidak saya anggap benar. Tapi kalau mau diskusi boleh2 aja kan? Kita kan gak maksa kesaksian kita agar dipercaya. Menurut kesaksian saya sih alam itu tidak bergerak sendiri seperti kambing liar yang akhirnya bisa dijinakkan oleh yg punya. Tapi seluruh kegiatan kambing itu, termasuk badannya, memang beraktivitas diperintah oleh yg punya sesuai selera yg punya. Mau dia makan, berak, atau kawin misalnya, mau jantungnya berdegup, itu diperintah oleh yg punya, karena yg punya itu adalah raja. Ya kembali lagi ke soal kanker, tsunami, HIV, cacar, mata buta, telinga tuli, hidung mancung, kulit hitam, itu memamg cerminan tunduknya alam kepada yg punya melalui proses yg benar dan adil. Nah cara tunduk aLaM (hardware) itu disebut iLMu (software). Kalau yg mandang manusia, boleh jadi software itu jahat karena membunuh dan menyakiti umat manusia. Atau kebaikan selalu berujud pada “yg sehat2”, “yg kaya”, “mata yg melek”, “yg berkuasa”. Bayangkan jika melahirkan itu tidak sakit tetapi enak seperti awal mula prosesnya, gimana dampaknya ke hubungan ibu-anak? Saya sih percaya kalau iLMu itu ciptaan Tuhan. Kalau anda gak percaya terhadap kesaksian saya ini ya gak apa2, seperti anda juga gak apa2 kalau saya tidak setuju dengan anda. Mengakui adanya Tuhan juga sudah lumayan baiiiiikkkk…
    (Tapi yg jelas, saya bukan org yg selalu setuju dgn ide org yg punya blog ini).

  19. #19 by Padu on October 25, 2008 - 12:25 pm

    Saya menilai ajakan dari mas hadi adalah ajakan yang sangat baik, kita masing2 menjalankan agama kita. Toh akhir yg menentukan siapa yang benar. saya menulis seperti yang ada di tulisan saya sebelumnya, itu karena ketidak adilan. sangat banyak sekali gereja2 di bakar, bahkan pendeta2 nya dibunuh. dan banyak juga gereja ditutup paksa dengan alasan yang tidak jelas. hampir di seluruh propinsi di indonesia. padahal kami tidak menyakiti seorangpun, kami hanya melakukan ibadah sesuai kepercayaan kami, itulah sebab saya menulis.

    Salam Damai dari saya.
    TUHAN memberkati kita semua

  20. #20 by masayok on October 27, 2008 - 6:25 am

    utl: Hadi, siapa Tuhan Kita, dan padu. terimakasih telah mampir dan ngasih komen.
    Blog ini say abuat memang untuk menyadarkan kondisi ummat islam yang telah terpuruk akibat mennggalkan ajaran agamanya akidah dan syariat islam.

    Ummat islam sekarang tengah dijajah oleh peradaban Kapitalisme.
    Jadi kita harus bebaskan diri kita dari penghambaan kepada materi, kembali kepada Allah SWT, Tuhan satu-satunya, yang tidak beranak dan diperanakkan.

  21. #21 by SLEMER SELONE on November 13, 2008 - 6:01 am

    bUAT mAS AYOK

    Mas ayok klu anda cuma bisa ambil berita dari copy – mengcopy,dengar- mendengar di radio ,Lihat – melihat di televisi dan baca – membaca di koran …Mendingan gak usah Menulis apalagi Komentar ye ….
    kecuali anda mengalami …… ( silahkan ….)

    Siapa bilang umat Islam sedang di jajah oleh peradaban Kapitalis…Andalah korban & kapitalis tersebut,makanya tingkatkan Iman & Tagwa anda kepada ALLAH SWT ( kalu anda Muslim ).

    Mampirlah ke kampung Pulo & lihatlah keadaan di dalam Kampus utama SETIA agar anda melihat ratusan senjata tajam golok,mandau,samurai,bambu runcing,panah.tombak,batu -batu …berserakan di dalamnya….( Inikah sekolah Tinggi Teologi …..Atau mereka mau jualan senjata tajam di kampung kami bukan belajar agama )

    Makanya buka mata hati anda … lihat kenyataan di lapangan dulu barulah anda menulis sebuah dongeng …???

    mampirlah kapan2 ke Kampung kami tenang aja semua warga Kampung pulo ramah2 Koq Jangan lupa bawa tustel ya biara anda bisa mengabadikan sisa-sisa senjata2 tajam mahasiswa / i tersebut.

    Terima Kasih

    Slemer Selone
    Pemuda Kampung Pulo

  22. #22 by No...nAmE on March 18, 2009 - 4:07 pm

    Wa siap tempur ne !! Datang ke sini nti wa sambut dengan meriah wa ahiri dengan darah!!

  23. #23 by alvioa on September 28, 2009 - 3:38 am

    he.he.he…….

  24. #24 by hamadi on October 11, 2010 - 11:33 am

    sabar wae, biarlah yang benar akan dibenarkan oleh TUHAN, jika memang mahasiswa SETIA yang salah – biarlah TUHAN sendiri yang bubarkan kampus tersebut, tetapi jika sang biang kerok yang salah (biasanya bukan masyarakat sekitar) – mereka akan bertobat dan dengan batu atau kayu yang mereka gunakan untuk membantai mahasiswa akan menjadi pembagun gereja terbesar se Indonesia. terpujilah nama TUHAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: