Pasukan Zionis Kembali Tangkapi Puluhan Warga Palestina di Tepi Barat


Eramuslim.com–Meski masih terikat kesepakatan gencatan senjata dengan Hamas di Jalur Ghaza, Israel tetap melakukan operasi anti-Hamas di Tepi Barat.

Setelah merazia dan menutup berbagai fasilitas umum mulai dari mall, sekolah dan klinik kesehatan yang dicurigai terkait dengan Hamas, hari ini pasukan Zionis Israel menangkap seorang anggota legislatif dari Hamas dan 14 manajer dari sebuah perusahaan di Tepi Barat yang oleh Israel dituding memiliki hubungan dengan Hamas.

Sejumlah pejabat Palestina mengungkapkan, deputi Hamas di parlemen Palestina bernama Mona Mansour adalah satu dari 20 orang warga Nablus yang ditangkap pasukan Zionis pada Minggu malam. Di antara mereka yang ditangkap, 14 orang di antaranya adalah para pengurus Beit Amal, perusahaan pembiayaan yang mengelola mall di kota Nablus, yang sebelumnya sudah diperintahkan ditutup oleh rezim Zionis.

Israel menuding mall itu ikut membiayai perjuangan Hamas melawan penjajahan Israel dan memerintahkan penutupan mall berlantai lima tersebut selama dua tahun. Namun pihak manajemen mall menolak perintah itu dan membantah semua tuduhan Israel.

Operasi penangkapan terhadap warga Palestina di kota Nablus, Tepi Barat membuat tegang hubungan antara Israel dan Presiden Palestina Mahmud Abbas, karena Abbas selama ini berusaha untuk menciptakan ketertiban dan keamanan di seluruh kota di Tepi Barat sejak pertikaiannya dengan Hamas tahun 2007 lalu di mana Hamas berhasil menguasai Jalur Ghaza. (ln/al-araby)

Tentara Israel Tembak Warga Palestina dari Jarak Dekat

BTselem, organisasi hak asasi manusia di Israel kembali merilis sebuah rekaman video yang menunjukkan kekejaman militer Israel terhadap rakyat Palestina. Dalam video itu terlihat seorang tentara Zionis Israel menembak seorang laki-laki Palestina dari jarak dekat.

Tentara Israel itu menggunakan peluru karet berlapis timah untuk menembak Ashraf Abu Rahma, nama warga Palestina itu. Dengan mata ditutup dan tangan diborgol, Abu Rahma ditembak dari jarak sekitar 1, 5 meter di hadapan sekelompok tentara Israel. Dalam pernyataan yang dimuat di situs resminya, BTselem menyatakan bahwa peluru yang ditembakkan tentara Zionis itu mengenai jari kaki kiri Abu Rahma.

BTselem menyatakan, mereka telah mengirimkan copy dari rekaman video itu pada polisi militer Israel dan mendesak mereka untuk melakukan penyelidikan terhadap tentara-tentara Israel yang melakukan kekejaman itu.

Militer Israel mengakui bahwa salah seorang tentaranya dan menyebut insiden itu sebagai pelanggaran terhadap kode etik militernya dan berjanji akan melakukan investigasi atas peristiwa itu. Militer Israel mengklaim laki-laki Palestina itu ditangkap tentaranya karena ikut serta dalam sebuah aksi kerusuhan dan tembakan dengan menggunakan senjata anti-huru hara dalam jarak dekat pasti akan menimbulkan luka-luka.

BTselem mengatakan, insiden penembakan itu terjadi pada tanggal 7 Juli lalu di desa Nilin, Tepi Barat dan direkam oleh warga Nilin, seorang anak perempuan berusia 14 tahun. (ln/aljz)

  1. Blog`S ZanZalKids » Blog Archive » Pasukan Zionis Kembali Tangkapi Puluhan Warga Palestina di Tepi Barat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: