Pakistan-Taliban Berlakukan Syariat Islam


Harakah Taliban-Pakistan mengumumkan pelaksanaan syariat Islam secara total di wilayah Pakistan utara. Amerika pasti tak akan tinggal diam

Hidayatullah.com–Harakah Taliban Pakistan mengumumkan pada hari Kamis (22/5) kemarin, bahwa terwujudnya kesepakatan damai dengan pemerintah Pakistan berimbal balik dengan pelaksanaan syariat Islam secara total di wilayah Pakistan utara, yang banyak dikuasai oleh kabilah-kabilah yang pro Taliban.

Kesepakatan yang ditandatangani kedua pihak, yaitu Taliban dengan pemerintah, pada hari Rabu (21/5), telah mengakhiri konflik antara ke dua belah pihak sejak empat bulan terakhir.

Menurut beberapa sumber Taliban, pihak pemerintah telah menyetujui syarat itu, dengan manarik kekuatar militer pemerintah secara bertahap dan mulai diberlakukan syariat Islam. Dan pihak Taliban bersedia menghentikan serangan dan menyerahkan senjata mereka.

Muslim Khan, juru bicara Taliban Pakistan mengatakan kepada AFP, ”Kita telah menyetujui untuk menghentika serangan, karena pemerintah telah menyetujui penerapan syariat Islam secara total”.

“Kami merasa senang dengan kesepakatan ini, akan tetapi keberhasilan kesepakatan ini tergantung atas konsistensi dan kesungguhan pemerintah dalam menerapkan syariat Islam” Tutur Khan.

Sebagaimana diketahui, bahwa pemerintah telah berupaya melakukan perjanjian dengan kalangan para pejuang pro Taliban yang merupakan kabilah-kabilah yang menguasai lembah Sawat Pakistan utara. Yang dipimpin oleh Maulana Fadhlullah.

Para penduduk wilayah Sawat bergembira dengan adanya kesepakatan itu,”Kami bersyukur kepada Allah, karena kini kami bisa hidup dengan damai, dan menjalani aktivitas dengan normal”.

Akan tetapi, salah satu pejabat pemerintah propinsi di wilayah itu, menyatakan bahwa hukum positif tetap berjalan, akan tetapi hukum syariat juga diberlakukan. Rakyat dipersilahkan memilih, antara mahkamah syariat atau mahkamah hukum konvensional.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: