“Kiai Liberal “ Tolak SKB Ahmadiyah


“Kiai Liberal” mendatangi Kejaksaan Agung dan DPR untuk menolak SKB soal Ahmadiyah. Padahal SKB nya saja belum dikeluarkan!

Hidayatullah.com—Para kiai yang datang di Kejaksaan ini umumnya dikenal sebagai tokoh yang berpandangan liberal. Mereka juga datang atas sponsor dari Wahid Institute, LSM liberal yang dirintis oleh bekas Presiden RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Pemimpin rombongan adalah KH Imam Gazali Said menjelaskan, dia dan 10 kiai lain tidak setuju jika SKB untuk membubarkan Ahmadiyah.

“Itu bertentangan dengan konstitusi,” kata KH Imam Gazali Said, pengelola Pondok Pesantren An Nur, Surabaya.

Para “kiai liberl” ulama ini juga mengkritik Majelis Ulama Indonesia (MUI) karena mengeluarkan fatwa pembubaran Ahmadiyah.

Direktur Eksekutif Wahid Institute Ahmad Suaedy berharap pendapat para ulama “liberal” ini bisa menjadi masukan bagi pemerintah.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan pemerintah tetap akan menerbitkan SKB ini karena justru bertujuan mencegah konflik lebih luas di masyarakat.

Sebagaimana diketahui, selain dikenal pengasuh An Nur, Imam Ghazali Said, MA adalah dosen Fakultas Adab IAIN Sunan Ampel Surabaya. Ia meraih master bidang metodologi pengajaran bahasa Arab dari Khourtoum International University Sudan.

Dalam sebuah tulisannya di Jawa Pos baru-baru ini, Ghazali menyatakan membela Ahmadiyah yang “dizalimi”. Sayang ia juga tak membela akidah Islam yang “dizalimi” Ahmadiyah.

Yang menarik, kiai “liberal” ini menolak SKB, padahal SKB nya sendiri belum dikeluarkan.

Advertisements
  1. #1 by Apop Tosis on May 8, 2008 - 8:43 am

    1. Siapakah yang membuat istilah “Kiai Liberal” ?
    2. Apakah istilah itu berarti konsep yang tidak merujuk pada Quran?
    Susah untuk mempercayai jawaban 2 pertanyaan tsb tanpa ada diskusi antara pihak yang mencap “liberal” dan kyiai yang tidak setuju terbitnya SKB untuk membubarkan Ahmadiyah itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: