Menjelang Pemilu, Mesir Tangkapi Anggota Ikhwanul Muslimin


Aparat keamanan Mesir menangkap sedikitnya 250 anggota Al Ikhwan al Muslimun. Anehnya justru di saat menjelang pemilihan umum

ImageHidayatullah.com–Sumber-sumber keamanan Mesir menangkap lebih dari 250 anggota Ikhwanul Muslimin di negara ini. Seperti dilaporkan Kantor Berita AFP dari Kairo, sumber-sumber keamanan Mesir kemarin menyatakan, menyusul aksi unjuk rasa ikhwanul muslimin yang memprotes langkah pemerintah terhadap kelompok ini menjelang pemilu parlemen.

Aparat Mesir telah menangkap sedikitnya 255 anggota kelompok ini dalam dua hari terakhir di sejumlah kota Mesir.

Rencananya pemilu anggota parlemen daerah di Mesir akan digelar delapan April mendatang. Ikhwanul Muslimin mengkonfirmasikan pemerintah Mesir menolak 90 persen kandidat kelompok ini dalam pemilu mendatang.

Anggota gerakan Ikhwanul  dan juga anggota parlemen Mesir, Saber Abul Futuh mengecam keras cara-cara pemerintah Mesir menumpas anggota-anggota Ikhwanul Muslimin.

Abul Futuh hari Rabu (2/4) dalam wawancaranya dengan televisi Al-Alam mengatakan, “Aksi penangkapan dan penumpasan yang dilakukan pemerintah dan partai nasional milik pemerintah terhadap para anggota Ikhwanul Muslimin merupakan bukti paling menonjol akan kegagalan pemerintah mencarikan solusi berbagai masalah ekonomi dan sosial.”

Abul Futuh juga mengatakan, “Rakyat Mesir tentu tidak akan diam menyaksikan perilaku pemerintah ini. Beberapa hari ke depan, rakyat akan melakukan unjuk rasa menentang aksi-aksi melanggar hukum pemerintah seperti penangkapan aktivis Ikhwanul Muslimin dan upaya mencegah mereka menjadi kandidat dalam pemilu daerah.”

Ikhwanul Muslimin menyatakan bahwa pemerintah menolak 90 persen dari kandidat mereka dalam pemilu daerah dan tidak menerima bukti dan ijazah mereka.

Mesir sudah lama bersikap “tangan besi” kepada gerakan Islam ini.  Sikap mesir ini dimungkinkan karena khawatir partai Islam yang banyak didukung kalangan muda itu mendapat simpati rakyat yang akibatnya memimpin negeri itu.

Advertisements
  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: