PM Belanda Berkirim Surat ke Tokoh Islam Indonesia


Sikap khawatir pemerintahan Belanda atas reaksi umat Islam akibat film “Fitna” ditunjukkan dengan mengiri surat ke tokoh-tokoh Islam Indonesia

Hidayatullah.com–Perdana Menteri Belanda Jan Peter Balkenende menulis surat kepada beberapa pemimpin agama di Indonesia. Diantaranya adalah ke Ketua PBNU. Ia menjelaskan bahwa isi film Fitna yang dibuat Geert Wilders tidak mencerminkan politik pemerintah Belanda.

Surat PM Belanda itu dikirim sebelum Geert Wilders merilisnya via situs internet. Perdana menteri Jan Peter Balkenende menulis bahwa pihak kejaksaan baru bisa turun tangan kalau film ini sudah diputar dan dianggap menyebarluaskan kebencian antar golongan.

Surat Perdana Menteri Balkenende itu merupakan jawaban terhadap surat bersama beberapa pemimpin agama Indonesia sebelum ini. Dalam surat itu mereka meminta supaya pemerintah Belanda sebanyak mungkin membatasi dampak negatif film ini.

Kabinet Menyesalkan

Sementara itu, Kabinet Belanda juga menyesalkan penayangan film “anti Al-Quran” bikinan Wilders. Sebelum ini, PM Jan Peter Balkenende juga mengatakan, tidak melihat tujuan lain dari film itu selain hanya untuk menyakiti perasaan orang.

Ia juga tidak membenarkan apa yang telah dilakukan Wilders melalui film itu. Menurutnya dalam film Islam disamakan dengan berbagai tindakan keji. Namun menurut Balkenende mayoritas Muslim justru mengutuk berbagai kekerasan yang dilakukan oleh kelompok ekstrimis.

Advertisements
  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: